14
Mar

Kenapa Bangunan Bisa Rusak Saat Terjadi Banjir? Yuk Cari Tahu Alasannya!!

Kenapa Bangunan Bisa Rusak Saat Terjadi Banjir? Yuk Cari Tahu Alasannya!!

 

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang dapat disebabkan oleh hujan deras ataupun karena kesalahan dari manusia itu sendiri, seperti membuang sampah di sungai. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang sering sekali dilanda bencana banjir. Apalagi ketika hujan deras sudah mulai turun dan tidak berhenti selama berhari-hari. Bahayanya ketika banjir yang sangat deras debit airnya bisa meluluh lantakan kendaraan ataupun bangunan kita.

Pemerintah pun sudah mengupayakan untuk mengatasi permasalahan banjir yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia dengan memperbanyak drainase. Namun hal ini belum bisa menjadi solusi di beberapa daerah di Indonesia. bahkan ketika banjir bandang melanda bangunan mereka menjadi hancur terbawa arus banjir. Yang paling baru ketika underpass yang berada di bandara mengalami longsor akibat tidak bisa menahan jumlah debit air yang terserap oleh tanah. Lalu kenapa banjir tersebut bisa menghanyutkan bahkan dapat menghancurkan bangunan Anda? Kami akan memberikan alasan kenapa bangunan Anda bisa terbawa arus banjir.

1. Kesalahan Pondasi

Pondasi merupakan salah satu hal yang terpenting yang pertama kali harus dilakukan ketika membangun sebuah bangunan. Pembangunan pondasi juga harus diperhitungkan sedemikian rupa agar dapat bertahan dari bencana seperti banjir atau gempa. Ketika Anda tidak mementingkan perhitungan atau bahkan terjadi kesalahan dalam membuat pondasi maka berhati-hatilah jika suatu saat bangunan Anda tidak bertahan lama. Karena pondasilah awal pertama untuk bangunan itu berdiri. Jika dibuat sebaik mungkin maka sedikit kemungkinan bangunan Anda dapat terhindar dari bencana seperti banjir.

 

2. Material Bangunan yang Kurang Kuat

Pemilihan bahan bangunan yang tepat juga sangat mempengaruhi umur dan ketahanan dari bangunan Anda. Pilihlah material bangunan yang paling bagus seperti beton atau semen yang berkualitas. Memang yang paling bagus pasti mahal, tapi lebih baik mengeluarkan uang yang banyak di awal ketika mendirikan bangunan yang membuat bangunan menjadi kuat dan tahan banjir daripada harus mengeluarkan tambahan uang untuk merenovasi bangunan yang rusak akibat material yang tidak bagus.

3. Kelalaian Ketika Membangun

Dalam mendesain dan memperkirakan kebutuhan bangunan biasanya menggunakan jasa arsitek. Namun apa yang terjadi ketika arsitek yang Anda sewa mengalami kelalaian, seperti salah perhitungan dan sebagainya. Pasti bangunan Anda tidak tahan lama atau bahkan hanya bertahan sampai 5 tahun saja. Tapi kelalaian juga biasanya tidak berasal dari perhitungan arsitek saja, melainkan dari kesalahan para pekerja, seperti salah dalam mencampurkan material atau salah dalam perhitungan takaran material yang dibutuhkan.

Gimana? Sekarang jadi lebih mengerti kan kenapa bangunan Anda bisa terbawa arus banjir. Jika bangunan Anda memiliki kesalahan dalam tahap pembangunan segera lakukan pengecekan dan jangan lupa untuk menggunakan material dengan kualitas yang bagus untuk membuat bangunan Anda jadi tahan lama seperti bahan bangunan dari Jayamix  SCG.

 

dikutip dari

https://news.ralali.com/kenapa-bangunan-bisa-rusak-saat-terjadi-banjir/?utm_source=edm&utm_medium=email&utm_campaign=20180314_ralalinsight